Tema
: Selalu Berhemat Energi
Sub Tema
: Macam-Macam Sumber Energi
Pembelajaran
: 6
Alokasi Waktu
:6 x 35
menit
A.
Tujuan Pembelajaran
- · Dengan kegiatan percobaan dan pengamatan, siswa mampu menjelaskan sifat-sifat cahaya sesuai dengan data hasil percobaan dan manfaat cahaya bagi kehidupan manusia.
- · Setelah melakukan percobaan dan pengamatan tentang sifat-sifat cahaya, siswa mampu menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang sifat-sifat cahaya
Wah …. Ada pelangi!
Mengapa pelangi berwarna - warni
|
Mar sedang
bermain bersama teman – teman di halaman sekolah. Ia melihat pelangi yang
berasaldari cahaya matahari. Apakah cahaya merupakan salah satu bentuk energi? Bagaiman
sifat-sifat cahaya matahari? Yuk Kita cari tahu
Kamu melakukan empat jenis percobaan untuk
mengetahui dan membuktikan sifat-sifat cahaya.
Buatlah kelompok
kecil, terdiri dari 6 sampai 7 orang. Setiap kelompok melakukan empat percobaan
berikut
Sifat-sifat cahaya
Alat dan Bahan:
1. Cahaya merambat lurus
Lakukan
percobaan menggunakan tiga karton
tebal dan lilin.
Lubangi bagian tengah ketiga
karton tersebut.
Letakkan dengan posisi tiga
lubang tersebut
sejajar dengan cahaya lilin tepat
di belakang
lubang. Perhatikan yang terjadi! Lalu
coba menggeser
posisi setiap lubang menjadi
tidak sejajar.
Perhatikan perbedaannya!
2. Cahaya menembus benda bening
Lakukan
percobaaan menggunakan cahaya
matahari/cahaya
senter, gelas/benda-benda
transparan/bening,
benda-benda berwarna
gelap, dan
benda-benda bening, tetapi berwarna.
Letakkan
peralatan seperti pada gambar. Arahkan
cahaya ke tembok
berwarna putih. Perhatikan
apa yang
terjadi.
3. Cahaya dapat dipantulkan
Lakukan
percobaan menggunakan dua cermin
datar dan
senter, coba pantulkan cahaya senter
menggunakan
cermin. Cobalah berbagai posisi
cermin yang
berbeda dan gunakan lebih banyak
cermin. Amatilah
apa yang terjadi pada cahaya
pantul!
4. Cahaya dapat dibiaskan
Lakukan
percobaan menggunakan pensil yang
setengah bagian
panjangnya berada di dalam
gelas berisi
air. Amati pensil dari sisi samping luar
gelas, Bagaimana
kenampakan dan besarnya
pensil
dibanding aslinya?
Catat proses
percobaan dan peristiwa yang terjadi di atas dalam lembar laporan
berikut:
Laporan Kegiatan Percobaan
Sifat-Sifat Cahaya
No
|
Nama
Percobaan
|
Tujuan
Percobaan
|
Alat dan bahan
|
Langkah Kerja
|
Hasil
Pengamatan
|
|
|
|
|
|
|
Diskusikanlah
hasil percobaan kamu bersama teman kelompok dan buatlah kesimpulan tentang
sifat cahaya.
0 comments:
Post a Comment