Selamat Datang Di SDI Meanmane

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Written By Unknown on Thursday 21 August 2014 | 22:00

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan        : SDI Meanmane
Kelas / Semester             : IV / I
Tema                               : Selalu Berhemat Energi
Sub Tema                       : Macam-Macam Sumber Energi
Pembelajaran                 : 6
Alokasi Waktu               : 6x 35 menit
A.    Kompetensi Inti
1.            Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.            Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan masyarakat.
3.            Memahami pengetahuan faktual, dengan cara mengamati (mendengar, melihat dan membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya baik di rumah, di sekolah, dan di tempat bermain.
4.            Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.     Kompetensi Dasar
IPA
3.6 Memahami sifat-sifat cahaya melalui pengamatan dan mendeskripsikan penerapannya
      dalam kehidupan sehari-hari
4.6 Menyajikan laporan tentang sumber daya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat
Bahasa Indonesia
      3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi
            panas,bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia  
            lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
      4.1 Mengamati,  mengolah,  dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya,  
            gerak,energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan 
           memilih dan memilah  kosakata

C.    Indikator
IPA
·         Menjelaskan melalui tulisan berbentuk laporan tentang peranan energi cahaya matahari dalam kehidupan
·         Melaporkan hasil pengamatan tentang manfaat energi cahaya matahari bagi kehidupan manusia
Bahasa Indonesia
·         Menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang sifat-sifat cahaya
D.    Tujuan Pembelajaran
·         Dengan kegiatan percobaan dan pengamatan, siswa mampu menjelaskan sifat-sifat cahaya sesuai dengan data hasil percobaan dan manfaat cahaya bagi kehidupan manusia.
·         Setelah melakukan percobaan dan pengamatan tentang sifat-sifat cahaya, siswa mampu menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang sifat-sifat cahaya.

E.     Materi
·         Membuat laporan hasil pengamatan

F.     Pendekatan/strategi/metode
Ø   Pendekatan : Scientific
Ø  Metode: Multi Metode
Ø   
G.    Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
·         Guru memberikan salam dan mengajak berdoa (religius).
·         Mengecek kehadiran peserta didik
·         Sebagai kegiatan pembuka, ajak siswa keluar kelas untuk mengamati cahaya Matahari.
·         Ajukan pertanyaan:
·      Apa yang kamu ketahui tentang cahaya?
·      Bagaimana peranan cahaya bagi kehidupan di bumi?
·      Bagaimana sifat-sifat cahaya?
·      Apakah cahaya merupakan salah satu bentuk energi?
·          Guru menyampaikan Sub tema yang akan dipelajari yaitu tentang sumber energi
20 menit
Inti

·         Bagi siswa menjadi empat kelompok untuk melakukan percobaan tentang 4 sifat cahaya. Siswa diingatkan untuk mengikuti instruksi yang tercantum pada buku.
·         Siswa mencatat hasil percobaan dalam bentuk tabel.
·         Ingatkan siswa untuk tertib dan mengikuti instruksi yang ada pada buku.
·         Siswa membaca artikel tentang manfaat cahaya Matahari dan proses penglihatan pada mata.
·         Minta siswa untuk menutup mata. Ajukan pertanyaan:
×          Bisakah kalian melihat? Mengapa?
×          Kemudian minta siswa untuk mematikan lampu sehingga
×          ruangan menjadi lebih gelap.
·         Ajukan pertanyaan:
×          Mengapa ruang kelas menjadi lebih gelap? (karena, cahaya di ruangan berkurang.)
×          Jadi, apakah fungsi cahaya?
×          Bagaimana hubungan antara cahaya dan mata sebagai indra penglihatan?
·         Siswa menerangkan kepada teman sebangku tentang peranan cahaya Matahari sebagai sumber energi, juga tentang peranan cahaya terhadap proses penglihatan, serta pentingnya memelihara kesehatan mata sebagai indra penglihatan.
·         Ingatkan siswa untuk berbicara dengan lafal dan intonasi yang tepat dan suara yang jelas.
·         Siswa akan saling menilai presentasi teman menggunakan rubrik.
·         Siswa mengerjakan soal yang ada pada buku siswa
145 menit
Penutup
·         Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
·         Guru memberi kesempatan kepada beberapa peserta didik untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
·         Guru melakukan penilaian
·         Salam dan doa penutup.
10    Menit

H.    Alat/Sumber Belajar
Ø  Cermin datar, baskom atau bak air, air bening, kertas putih(untuk tempat pelangi/bisa dipantulkan ke berbagai benda di sekitar percobaan)
Ø  Buku tematik kelas 1 terpadu kurikulum 2013
Ø  Kurikulum 2013
Ø  Gambar yang relevan


I. Penilaian
A.      PROSEDUR PENILAIAN
a.      Penilaian Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.


B.       INSTRUMEN PENILAIAN
a.      Penilaian Proses
1)      Penilaian kinerja ( Instrumen penilaian unjuk kerja terlampir )

Meanmane, 20 maret 2013
Mengetahui                                                                            Guru Kelas 1V
Kepala Sekolah





(Paulus Seran Klau,S.Ag)                                                        Jefri Rohan, S.Pd
19680404 199312 1 001 



Ditulis Oleh : Unknown ~SDI Meanmane

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang ditulis oleh SDI Meanmane yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 22:00

0 comments:

Post a Comment

Total Pageviews

Meanmane