RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan
: SDI Meanmane
Kelas / Semester
: IV / I
Tema
: Selalu Berhemat Energi
Sub Tema
: Macam-Macam Sumber Energi
Pembelajaran
: 6
Alokasi Waktu
: 6x 35 menit
A.
Kompetensi Inti
1.
Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan masyarakat.
3.
Memahami
pengetahuan faktual, dengan cara mengamati (mendengar, melihat dan membaca) dan
bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya baik di rumah, di sekolah, dan di
tempat bermain.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi Dasar
IPA
3.6 Memahami sifat-sifat cahaya melalui pengamatan dan
mendeskripsikan penerapannya
dalam
kehidupan sehari-hari
4.6 Menyajikan laporan tentang sumber daya alam dan
pemanfaatannya oleh masyarakat
Bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya,
gerak, energi
panas,bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru
dan teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan
tentang gaya,
gerak,energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis dengan
memilih dan memilah kosakata
C. Indikator
IPA
·
Menjelaskan
melalui tulisan berbentuk laporan tentang peranan energi cahaya matahari dalam
kehidupan
·
Melaporkan
hasil pengamatan tentang manfaat energi cahaya matahari bagi kehidupan manusia
Bahasa Indonesia
·
Menyajikan
teks laporan hasil pengamatan tentang sifat-sifat cahaya
D. Tujuan
Pembelajaran
·
Dengan
kegiatan percobaan dan pengamatan, siswa mampu menjelaskan sifat-sifat cahaya
sesuai dengan data hasil percobaan dan manfaat cahaya bagi kehidupan manusia.
·
Setelah
melakukan percobaan dan pengamatan tentang sifat-sifat cahaya, siswa mampu
menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang sifat-sifat cahaya.
E. Materi
·
Membuat laporan
hasil pengamatan
F. Pendekatan/strategi/metode
Ø
Pendekatan : Scientific
Ø Metode: Multi Metode
Ø
G. Kegiatan
Pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Guru memberikan
salam dan mengajak berdoa (religius).
·
Mengecek
kehadiran peserta didik
·
Sebagai kegiatan
pembuka, ajak siswa keluar kelas untuk mengamati cahaya Matahari.
·
Ajukan
pertanyaan:
·
Apa yang kamu
ketahui tentang cahaya?
·
Bagaimana peranan
cahaya bagi kehidupan di bumi?
·
Bagaimana
sifat-sifat cahaya?
·
Apakah cahaya
merupakan salah satu bentuk energi?
·
Guru menyampaikan
Sub tema yang akan dipelajari yaitu tentang sumber energi
|
20 menit
|
Inti
|
·
Bagi siswa
menjadi empat kelompok untuk melakukan percobaan tentang 4 sifat cahaya.
Siswa diingatkan untuk mengikuti instruksi yang tercantum pada buku.
·
Siswa mencatat
hasil percobaan dalam bentuk tabel.
·
Ingatkan siswa
untuk tertib dan mengikuti instruksi yang ada pada buku.
·
Siswa membaca
artikel tentang manfaat cahaya Matahari dan proses penglihatan pada mata.
·
Minta siswa untuk
menutup mata. Ajukan pertanyaan:
×
Bisakah kalian
melihat? Mengapa?
×
Kemudian minta
siswa untuk mematikan lampu sehingga
×
ruangan menjadi
lebih gelap.
·
Ajukan
pertanyaan:
×
Mengapa ruang
kelas menjadi lebih gelap? (karena, cahaya di ruangan berkurang.)
×
Jadi, apakah
fungsi cahaya?
×
Bagaimana
hubungan antara cahaya dan mata sebagai indra penglihatan?
·
Siswa menerangkan
kepada teman sebangku tentang peranan cahaya Matahari sebagai sumber energi,
juga tentang peranan cahaya terhadap proses penglihatan, serta pentingnya
memelihara kesehatan mata sebagai indra penglihatan.
·
Ingatkan siswa
untuk berbicara dengan lafal dan intonasi yang tepat dan suara yang jelas.
·
Siswa akan saling
menilai presentasi teman menggunakan rubrik.
·
Siswa mengerjakan
soal yang ada pada buku siswa
|
145 menit
|
Penutup
|
·
Peserta didik
dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
·
Guru memberi
kesempatan kepada beberapa peserta didik untuk menyampaikan pendapatnya
tentang pembelajaran yang telah diikuti.
·
Guru melakukan
penilaian
·
Salam dan doa
penutup.
|
10
Menit
|
H.
Alat/Sumber Belajar
Ø Cermin datar, baskom atau bak air, air
bening, kertas putih(untuk tempat pelangi/bisa dipantulkan ke berbagai benda di
sekitar percobaan)
Ø
Buku
tematik kelas 1 terpadu kurikulum 2013
Ø
Kurikulum
2013
Ø
Gambar
yang relevan
I. Penilaian
A. PROSEDUR
PENILAIAN
a. Penilaian
Proses
Menggunakan
format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan
awal sampai dengan kegiatan akhir.
B. INSTRUMEN
PENILAIAN
a. Penilaian
Proses
1)
Penilaian
kinerja ( Instrumen penilaian unjuk kerja terlampir )
Meanmane, 20 maret 2013
Mengetahui
Guru Kelas 1V
Kepala Sekolah
(Paulus Seran Klau,S.Ag)
Jefri Rohan, S.Pd
19680404 199312 1 001
0 comments:
Post a Comment